Bingung Pilih Kamera? Yuk Pahami Perbedaan Full Frame, APS-C dan MFT

Bingung Pilih Kamera? Yuk Pahami Perbedaan Full Frame, APS-C dan MFT

Apabila ingin mendapat sebuah hal yang bagus maka perlu melihat saingan lainnya yang juga akan mempengaruhi bagaimana proses. Begitu juga dengan kamera. Jenisnya yang berbeda-beda pastinya membuat kebutuhan pemain juga perlu diperhatikan ulang. Karena tak selalu membutuhkan media yang sama maka memilih yang sesuai dengan apa yang mereka berikan ini tentunya akan membangun kemudahan selama digunakan. Dalam jenis kamera profesional saat ini ada beberapa kamera yang sangat diinginkan. Kamera tersebut antara lain adalah kamera full frame, APS-C dan juga MFT. Ketiga jenis kamera ini memang bersaing untuk mendapat atensi dari banyak kalangan. Karena kualitas mereka yang jelas terbaik dan aman berkualitas ini lah maka hasil yang didapat juga disesuaikan dengan akses yang diinginkan. Fitur yang mereka miliki ini jumlahnya cukup banyak dan berbeda. Sesuai dengan apa yang diperlukan oleh pengguna maka tinggal pilih manakah yang paling sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Spesifikasi Kamera Terbaik Sesuai Kebutuhan Pengguna

Dari tiga jenis kamera yang sering dipakai oleh pengguna pastinya ada perbedaan spesifikasi yang harus diperhatikan. Ini yang akan membangun kemudahan dan juga apa saja yang akan digunakan untuk mendapat hasil foto bokeh yang berkualitas. Karena berpengaruh langsung pada apa yang dihasilkan maka butuh pengetahuan lebih agar hasil yang didapat juga lebih optimal. Untuk memastikan tidak ada yang akan terjadi dalam penggunaan kamera maka harus tahu apa saja yang akan digunakan dan fitur manakah yang paling sesuai dengan kualitas yang mereka butuhkan. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi penting dari kamera full frame, MFT dan juga APS-C :

  1. Ukuran sensor

Perbedaan ukuran sensor yang dimiliki oleh ketiga Kamera ini jelas sekali menjadi salah satu akses yang harus diperhatikan. Karena ukuran sensor yang tak sama maka perlu untuk melihat dan menyesuaikan manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan. Untuk sensor yang pertama adalah MFT dimana dia punya sensor yang paling kecil diantara yang lain. Dengan sensor 17,3 x 13 mm yang lebih kecil dibanding yang lain membuat banyak orang memilih media lain seperti APS-C yang memiliki sensor 23 x 15 mm dan full frame dengan sensor mencapai 36 x 24 mm. Dengan ukuran yang berbeda pastinya kualitas foto yang didapat juga tak akan sama. Untuk itu tinggal pilih yang sesuai dengan apa yang diperlukan dan hasil yang diperoleh juga akan setara dengan kamera Bokeh terbaik dengan hasil kamera yang halus tanpa celah.

  1. Crop factor

Senada dengan jenis kamera dan juga lensa yang dipakai ternyata tiga jenis kamera tersebut juga memiliki crop factor yang berbeda. Yang paling mudah paling menguntungkan adalah full frame yang mana tidak ada crop yang harus diperhatikan. Jika menggunakan kamera MFT maka akan banyak layar yang terpotong karena ukuran mereka yang lebih kecil. Ini juga berpengaruh pada hasil gambar yang tak optimal. Objek yang besar tak bisa diambil secara langsung karena jangakauan yang tak luas. Begitu pula dengan APS-C ini. Mereka masih memiliki jangkauan yang cukup luas untuk layar pengambilan gambar. Dengan lebih luas maka full frame akan memberikan hasil foto lebih jernih dan halus tanpa ada pemotongan gambar yang tidak perlu.

  1. Sistem pencahayaan

Dari ketiga kamera ini manakah yang punya kualitas pencahayaan yang bagus. Jika digunakan di tempat yang punya pencahayaan rendah manakah yang masih terlihat halus dan juga jelas. Ternyata dari tiga kamera tersebut, kamera full frame lah yang menjadi peringkat pertama. Kamera full frame ini adalah kamera terbaik yang akan tetap mendapat kualitas optimal walaupun pencahayaan sedang sangat kurang. Pencahayaan yang lebih terang mungkin akan memberikan hasil yang bagus. Tapi tak memungkiri bahwa dengan adanya kamera full frame kualitas yang dihasilkan juga lebih tinggi. Walau cahaya yang digunakan terbatas tapi hasilnya masih bisa diadu dengan yang lain.

Tips Memilih Kamera Sesuai Budget

Untuk menentukan jenis kamera yang akan dibeli tak jarang orang-orang menentukan budget lebih dulu. Agar tidak melebihi budget yang dipakai maka lebih dulu tentukan spesifikasi yang diinginkan. Karena tujuan untuk foto berbeda-beda maka pilih lah yang paling sesuai dengan apa yang ingin diambil. Setalah itu bandingkan dengan spesifikasi yang serupa tapi punya harga tak jauh beda. Pilih yang paling berguna dan tentunya sesuai dengan uang yang dimiliki. Tak hanya dari jenis kamera saja akan tetapi juga bagaimana penggunaan kamera tersebut. Kemampuan pengguna juga akan berpengaruh langsung pada hasil. Karena itu mendapat kamera yang digunakan oleh profesional juga akan membangun hasil yang berkualitas pada apa yang mereka gunakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.