Yuk, Mengenal Pengertian LiDAR dan Fungsinya di iPhone

Yuk, Mengenal Pengertian LiDAR dan Fungsinya di iPhone

LiDAR adalah sebuah teknologi yang digunakan oleh iPhone 12, iPhone 12 Pro, serta iPhone 12 Pro Max. Sebelumnya sudah disematkan di iPad Pro agar bisa membuat Augmented Reality atau biasa disebut dengan AR. Namun, nyatanya banyak yang kurang atau belum tahu apa itu fungsi LiDAR yang digunakan oleh perusahaan Apple ini.

Mengenal Arti LiDAR yang Tersemat di iPhone

Benar, teknologi satu ini belum banyak yang menggunakan di kalangan produk smartphone sehingga cukup asing di telinga beberapa orang. Bagi kamu yang masih penasaran dengan arti LiDAR, dapat menyimak ulasan berikut ini.

  • Pengertian LiDAR

LiDAR adalah sebuah sensor yang asalnya dari kata Light Detection & Ranging. Apabila kamu penasaran dengan lokasi penempatannya dapat melihat di area kamera. Yup, disana terdapat empat bulatan yang dimana tiga digunakan di kamera serta satunya lagi digunakan pada LiDAR itu sendiri.

  • Bagaimana Cara Kerja LiDAR di iPhone?

Sementara itu untuk cara kerja LiDAR di iPhone ialah dengan memancarkan sinar laser di objek yang telah dituju oleh lensa kamera. Setelahnya sinar tersebut akan kembali dipantulkan sehingga mampu mendeteksi permukaan dari sebuah objek.

Nah, pantulan dari cahaya inilah yang dapat menampilkan gambaran yang luar biasa nyata sebuah objek. Kamera sanggup menangkap objek melalui dimensi yang sama persis dengan skala terukur.

Lalu, teknologi semacam ini juga sedikit mirip seperti Face ID, akan tetapi pancaran dari sinar laser yang telah dipantulkan tersebut bisa lebih luas dan lebih banyak. Kamu dapat memakai fitur ini meskipun objek yang disasar cukup jauh.

  • Sempat Digunakan Zaman Old Lalu Booming Ketika Apple Menerapkannya

Sebenarnya teknologi LiDAR ini sudah sempat populer di zaman dulu. Sensor canggih satu ini umumnya dipakai oleh NASA agar bisa mengetahui permukaan planet Mars. LiDAR dipakai oleh NASA untuk dapat melakukan pemetaan di planet Mars dan saat ini banyak orang sudah mengetahuinya meskipun hanya sedikit.

Sekarang setelah zaman mulai berkembang, kemudian LiDAR diadopsi beberapa teknologi yang begitu dekat dengan kita. Yep, seperti mobil yang bisa mengemudi sendiri bahkan memakai teknologi sensor LiDAR agar dapat menghindari terjadinya benturan dengan benda atau kendaraan lain.

Setelah itu, LiDAR dikembangkan dengan skala yang lebih kecil, seperti di iPhone 12. Tentu saja harganya juga lebih terjangkat lantaran teknologi tersebut begitu canggih. Hal ini belum lagi dikombinasikan dengan AI atau Artificial Intelegent.

  • Sanggup Mengombinasikan Dunia Nyata dengan Objek Virtual dengan Lebih Bagus

LiDAR bisa juga mengombinasikan dunia nyata dengan objek virtual dengan lebih bagus jika dibandingkan teknologi lain. Kalau kamu merupakan penggemar Pokemon Go, teknologi yang satu ini sudah tidak asing lagi, bukan? Augmented Reality atau AR memang telah dikenal sejak zaman dulu dan dapat kamu temukan di Android atau iOS.

Namun dengan memakai LiDAR ini kamu dapat melihat ada perbedaan yang sedikit mencolok. Bagaimana tidak, bahkan objek virtual dapat semakin seimbang dan tegak sehingga terlihat begitu menarik dipandang.

Untuk kamu yang sering memanfaatkan filter Instagram juga akan semakin bagus. Pastinya kamu juga tahu perbedaan pemakaian filter artis yang memakai iPhone 12 ketimbang memakai seri iPhone dibawahnya, atau bahkan smartphone Android yang belum menerapkan LiDAR.

  • Menawarkan Hasil Gambar yang Fokus dan Sangat Nyata

Seperti yang sudah disebutkan tadi jika LiDAR memakai teknologi laser agar bisa mengindentifikasi sebuah objek dengan bagus. Maka dari itu, hasil foto dengan kamera iPhone bisa terlihat lebih nyata.

Tidak hanya itu, karena kecanggihan teknologi ini kamu dapat menghasilkan foto yang lebih fokus sehingga objek tersebut terlihat semakin jelas. Apple mengklaim jika teknologi ini, seri iPhone 12 dapat memenangkan objek dengan 6x fokus sehingga hasilnya menjadi semakin aktual. Hasil ini juga terlihat mirip menggunakan teknologi 3D.

  • Bisa Menunjukkan Ukuran yang Akurat Tanpa Mengukurnya Secara Langsung

Jika kamu seorang arsitek yang pekerjaannya selalu mengukur benda, maka seri iPhone 12 harus dimiliki. Pasalnya, dengan teknologi ini kamu dapat mengukur sebuah benda tanpa memakai mistar.

Dengan adanya pantulan laser di objek dan sensor geraknya akan membuat iPhone 12 cerdik saat mendeteksi ukuran sebuah benda atau objek. Kamu hanya perlu menarik dari ujung sampai ujung satunya, kemudian iPhone sudah bisa memberitahu ukuran yang sebenarnya. Tidak hanya panjang dan lebar saja, kamu dapat mengukur luas tanpa perlu menghitung.

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan LiDAR ini saat ingin mengukur tinggi badan seseorang. Sensor mampu menelusuri titik tertinggi dan terendah dari sebuah objek, seperti manusia.

Setelah membaca ulasan tadi, harusnya kamu bisa tahu tentang pengertian dan kegunaan teknologi LiDAR di iPhone. Teknologi inimemang berhasil menarik perhatian, terutama penggemar produk Apple. Semoga penjelasan bisa memberi gambaran yang gampang dicerna tentang teknologi LiDAR. Terima kasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published.